Rabu, 28 April 2010

TIPS MERAWAT MOTOR YAMAHA MIO


Kalau motor sudah mulai rewel, bisa jadi karena kelalaian Anda yang tidak rutin merawatnya. Perawatan motor matik berbeda dengan motor biasa, kalau perawatan motor biasa hanya memperhatikan karburator sedangkan motor matik selain memperhatikan karburator yang penting juga klep dan V.Belt. Spare part motor matik harganya lebih mahal sebaiknyak konsumen rutin menyervis motornya secara berkala. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar motor Yamaha Mio Anda senantiasa tampil prima, diantaranya :


  • Lakukan servis umum rutin 2 bulan sekali, cek karburator, cek busi, buka filter udara dan cek rantai.
  • Perhatikan V.Belt (letaknya disamping roda) diganti tiap 25.000 km dan diservis tiap 10.000 km.
  • Oli mesin sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin. Ganti oli tiap 2.000 km, jangan menanti minyak pelumas berwarna kehitam-hitaman karena mempengaruhi kelenturan daya tarik mesin.
  • Servis karburator tiap 3 bulan sekali.
  • Tiap 15.000 km klep wajib dibersihkan agar mesin dalam kondisi bagus dan motor tidak ngadat atau mogok, biasanya kotoran sering mengganjal di klep.
  • Sebaiknya servis motor di bengkel resmi yamaha, jika ada kerusakan lebih mudah ditangani.
  • Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, hidupkan mesin dengan menarik cuk dan gunakan starter kaki. Biarkan mesin hidup sekitar 5 menit supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Kemudian kembalikan letak cuk dan motor siap digunakan.
  • Periksa tekanan angin ban, jangan terlalu keras dan juga jangan kurang angin.
  • Gunakan selalu spare part asli. Lebih baik mahal sedikit tetapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli meski murah tetapi tidak tahan lama.

Semoga bermanfaat bagi kita semua dan khususnya yang punya motor matik Yamaha Mio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar